Kamis, 03 Juni 2010

ZAT DAN MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM TANAMAN BAYAM

TUGAS BAHASA INDONESIA
LAPORAN PENELITIAN

ZAT DAN MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM TANAMAN BAYAM












OLEH KELOMPOK IV

NOVITASARI Z.
SINDI VULIYASTRI
ARMIASIH
SOFYAN RIYANTO


SMAN 1 PESISIR SELATAN
KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2008/2009




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap orang pasti memerlukan kesehatannya selalu terjaga, dan untuk menjaga kesehatan tersebut, setiap orang harus rajin berolahraga, makan-makanan yang sehat dan bergizi serta lingkungan yang bersih. Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan tubuh, maka kondisi dan ketahanan tubuh akan menurun dan akan mudah terserang penyakit. Untuk mencegah agar kita tidak mudah terserang penyakit, salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran yang mengandung vitamin yang berguna bagi daya tahan tubuh. Contohnya sayuran itu adalah Bayam, selain bergizi dan bervitamin, tubuh kita sangat memerlukannya, terlebih lagi Bayam dapat kita jumpai di perkebunan. Mungkin bayam adalah makanan yang sangat sederhana, tetapi dibalik kesederhanaannya, Bayam banyak sekali manfaat dan kegunaannya bagi tubuh kita.
1.2 Rumusan Masalah/Masalah penelitian
Dari penulisan dapat merumuskan masalah, yaitu sebagai berikut:
1. Vitamin apa yang terkandung di dalam sayur bayam ?
2. Bagaimana jika seseorang kekurangan vitamin B ?
3. Apa kegunaan dan manfaat dari bayam ?
4. Bagaimana cara mencegah agar kita tidak kekurangan vitamin B, dan jika kita kekurangan vitamin B, apakah ada penyakit yang datang akibat kurangnya mengkonsumsi bayam ?
5. Apakah bayam sangat dibutuhkan Bagi tubuh ?
1.3 Pembatasan masalah
Dari rumusan masalah di atas penulis tidak membatasi masalah.
1.4 Tujuan Penelitian
1. Agar kita bisa mengetahui kegunaan dan manfaat dari sayur bayam ?
2. Untuk mengetahui Vitamin apa yang terkandung dalam sayuran bayam ?








BAB II
KERANGKA TEORI

Dengan Menggunakan kerangka teori Deskriptif (Melalui Pengamatan)







BAB III
METODE PENELITIAN

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif dengan melalui
penelitian dan pengamatan.







BAB IV
PEMBAHASAN

Bayam mengandung Vitamin B yang berguna bagi kesehatan tubuh, karena bayam adalah salah satu zat besi yang sangat bermanfaat, terlebih lagi bagi orang yang sangat kekurangan serat dalam tubuh.
Jika seseorang kekurangan zat yang terkandung dari bayam yaitu vitamin B, seseorang akan terkena penyakit, yaitu penyakit beri-beri yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin B.
Kegunaan dari bayam adalah sebagai zat besi dan memiliki serat yang kegunaannya sangat penting bagi kekebalan tubuh, bayam sangat bermanfaat bagi yang tidak lancar dalam buang air besar, karena bayam mengandung serat yang dapat dicerna dalam tubuh.
Cara mencegah agar tidak kekurangan Vitamin B, Salah satunya mengkonsumsi bayam dengan cara satu minggu sekali, dan penyakit yang akan timbul akibat kekurangan vitamin B adalah beri-beri, sedangkan kekurangan serat akan membuat wasir terhambat.
Bayam sangat bermanfaat karena bayam salah satu ayur-sayuran yang bergizi dan diperlukan bagi tubuh, selain itu bayam juga bisa memberikan kesegaran dalam tubuh dan terasa lezat jika dikonsumsi.







BAB V
KESIMPULAN

Bayam mengandung Vitamin B yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh karena bayam adalah salah satu zat besi yang sangat bermanfaat dan memang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita.


Pesan : Jika ada kesalahan dari penyampaian, mohon dimaafkan.

0 Comments:

Theme For Nokia S60 3rd

Comments