Senin, 03 Oktober 2011

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa SMAN 1 Persetan Tahun Pelajaran 2010 / 2011

ABSTRAK

Anjar Subiantoro. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa SMAN 1 Persetan Tahun Pelajaran 2010 / 2011 ( Studi Eksperimen ). Tesis. Lampung, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana. Universitas Lampung. Januari 20111.Pembimbing I Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd Pembimbing II Dr. Guntur Riyanto, MS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD Projector terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi ( 2 ) Efektifitas penggunaan media pembelajaran LCD Projector dalam meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Akuntansi
Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Persetan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Persetan kelas XII . Tehnik sampling yang digunakan adalah teknik sampel kelompok. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa terdiri dari 40 kelompok eksperimen dan 38 kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa setelah perlakuan. Tes dihitung tingkat kesukaran dan daya beda. Validitas tes diuji dengan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil dan kesimpulan ini adalah ( 1 ) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD Projector dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah Tanya jawab. (t hitung = 2,292 dan t tabel = 1,992. t hitung > t tabel ). ( 2 ) Dilihat dari nilai rata – rata post test kelas eksperimen sebesar 68,17 dan nilai rata – rata post test kelas kontrol sebesar 64,47 yang menunjukkan nilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD projector lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab. ( 3 ) Dilihat dari nilai rata – rata pre test kelas eksperimen sebesar 55,48 dan nilai rata – rata post test sebesar 68,17 maka terjadi peningkatan sebesar 12,69 atau sebesar 22,87 %. Nilai rata – rata pre test kelas kontrol sebesar 55,36 dan nilai rata – rata post test sebesar 64,47 maka terjadi peningkatan sebesar 9,11 atau sebesar 16,46 %. Data di atas menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LCD projector dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah Tanya jawab.

ABSTRACT
The Influence of LCD Projector Usage as Learning Media to Improving Achievement the Accounting Lesson in SMAN 1 Persetan in the 2010 / 2011 Academic Year ( Studi Eksperimen ). Tesis. Lampung. Education Economic Program. Pascasarjana Program. Lampung Universitym Lampung. January 2011 Pembimbing I Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd Pembimbing II Dr. Guntur Riyanto, MS
This Research is to find out ( 1 ) The Influence of LCD Projector Usage as Learning Media to Improving Achievement the Accounting Lesson. ( 2 ) Efektifity of LCD Projector Usage as Learning Media than discourse and question answer method to Improving Achievement the Accounting Lesson.
This Research held in SMAN 1 Persetan in 2010 / 2011 academic year.The Research Method is Experiment. The Research Populationis the students of SMAN 1 Persetan parts XII . Sampling Technique is used the Cluster Sampling. The Research Sample are 78 students consits of 40 students Experiment Group and 38 students of Control Group. The Instrument validity is tested by product moment Correlation. The Reliability tested by KR-20. Data analisys Technique used uji t.
The Research’s resulth and conclusionare : ( 1 ) There is a differentiation beetwen LCD Projector Usage as learning media and method to the Achievement of the Acoounting Lesson (t obs = 2,292 and t tabel = 1,992. t obs > t tabel ). ( 2 ) Average Value post test Experiment Group as 68,17 and Average Vvalue Control Gropu as 64,47 so Average Value of Experiment Group highest of Control Group. That is can be drawn that students who studied with LCD Projector Media are better than students who studied with discourse ang question answer method. ( 3 ) Average Value pre test Experiment Group as 55,48 and Average Value post test as 68,17 so that high as 12,69 or as 22,87 %. Average Value pre test Control Group as 55,36 and Average Value post test as 64,47 so that high as 9,11 or 16,46 %. This data so that highest learning with LCD Projector than learning with method. It’s can learning with LCD Projector can improving achievement student than with discourse and question answer method.

0 Comments:

Theme For Nokia S60 3rd

Comments