Senin, 03 Mei 2010

Cara Mencegah Magh

Mencegah Mag
Gizi.net - Penyakit mag sangat kita kenal. Jika kambuh, penderitanya akan merasa mual, perih pada perut, nyeri, dan kembung. Juga banyak penderita yang mengeluarkan keringat dingin dan muka menjadi pucat. Sejumlah penderita bahkan bisa pingsan karena tak tahan dengan serangan mag.

Mag bisa menimpa siapa saja dan dari golongan umur mana saja. Terutama mereka yang tidak memperhatikan pola makan yang teratur. Kalangan jurnalis sering dianggap paling rentan dan paling banyak menderita penyakit ini karena kebiasaan makannya tidak teratur.

Berbagai referensi menyebutkan, penyakit mag cukup popular di kalangan masyarakat Amerika Serikat. Sebanyak 60 persen masyarakat di negara Paman Sam itu memeriksakan diri ke dokter karena keluhan perut melilit. Setelah didiagnosa, sebanyak 40 persen dinyatakan menderita sakit mag.

Secara medis, penyebab utama mag adalah pola makan yang tidak teratur dan stres. Pola makan sangat terkait dengan produksi asam di lambung. Asam ini berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung dengan jadwal yang teratur. Produksi asam lambung terjadi meskipun kita sedang tidur.

Nah, pola makan yang tidak teratur membuat lambung sulit untuk beradaptasi. Kalau ini berlangsung lama, produksi asam lambung akan berlebihan sehingga mengiritasi dinding mukosa pada lambung. Hal inilah yang menyebabkan rasa perih dan mual. Gejala ini bisa naik ke kerongkongan yang menimbulkan rasa panas terbakar.

Sementara itu, stres juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada lambung yang kita sebut mag tadi. Sebab ketika stres sistem saraf di otak yang berhubungan dengan lambung akan mengalami kelainan karena ketidakseimbamgan.

Selain itu, stres juga menyebabkan perubahan hormomal dalam tubuh yang bisa merangsang produksi asam secara berlebihan. Kondisi inilah yang menyebabkan lambung terasa perih, dan kembung.

Penyakit mag bisa ringan, bisa juga berat. Namun, hal itu sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit mag sebagai berikut:

1. Usahakan makan secara teratur setiap hari. Ini penting agar lambung bisa mengenali waktu makan. Sehingga produksi asam lambung akan terkontrol.
2. Sebaiknya mengurangi mengonsumsi jenis makanan yang asam dan pedas. Sebab makanan jenis ini akan merangsang asam lambung.
3. Usahakan jangan langsung tidur setelah makan. Sebab hal ini akan memicu munculnya gejala refluks, yaitu naiknya isi lambung ke kerongkongan.
4. Hindari stres. Sebab stres bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada lambung yang mengakibatkan munculnya mag.
5. Olahraga juga sangat membantu mencegah penyakit mag. Karena itu sebaiknya hal ini dilakukan secara teratur dan berkala.

Penyakit mag sebenarnya tidak perlu terjadi manakala kita bisa mengenalinya dengan baik, khususnya penyebabnya. Karena itu, pencegahan terhadap penyakit ini sebenarnya bisa dilakukan sedini mungkin.

0 Comments:

Theme For Nokia S60 3rd

Comments